Pages

Listen To Quran

Listen to Quran

Saturday, August 7, 2010

Keistimewaan Bulan Ramadhan


1. Kitab suci Al-Qur'an yang menjadi petunjuk bagi umat manusia dan berisi keterangan-keterangan tentang petunjuk telah diturunkan pada bulan Ramadhan.

2. Dalam bulan Ramadhan, disunatkan solat tarawih, yakni solat malam pada bulan Ramadhan, untuk mengikuti jejak Rasullah, para sahabat dan Khulafaur Rasyidin.

Sabda Nabi:

Barangsiapa mendirikan solat malam Ramadhan karena iman dan mengharap pahala (dari Allah) niscaya diampuni dosa-dosanya yang telah lalu. (Hadith Muttafaq 'Alaih).


3. Dalam bulan Ramadhan terdapat Lailatul Qadar (malam mulia), iaitu malam yang lebih baik daripada seribu bulan, atau sama dengan 83 tahun 4 bulan. Malam di mana pintu-pintu langit dibukakan, doa dimakbulkan, dan segala takdir yang terjadi pada tahun itu ditentukan.

Sabda Nabi :

Barangsiapa mendirikan solat pada Lailatul Qadar karena iman dan mengharap pahala, dari Allah niscaya diampuni dosa-dosanya yang telah lalu. (Hadith Muttafaq 'Alaih).


Malam ini terdapat pada sepuluh malam terakhir, dan diharapkan pada malam-malam ganjil lebih kuat daripada di malam-malam lainnya. Karena itu, seseorang Muslim yang senantiasa mengharap rahmat Allah dan takut dari siksa-Nya, memanfaatkan kesempatan pada malam-malam itu dengan bersungguh-sungguh pada setiap malam dari kesepuluh malam tersebut dengan solat, membaca Al-Quran, berzikir, berdoa, memperbanyakkan istighfar dan taubat yang sebenar-benarnya. Semoga Allah menerima amal ibadah kita, mengampuni, merahmati, dan mengabulkan doa kita. Insyaallah..

4. Dalam bulan Ramadhan terjadi peristiwa besar iaitu Perang Badar, yang pada keesokan harinya Allah membezakan antara yang haq dan yang bathil, sehingga menanglah Islam dan kaum muslimin serta hancurlah syirik dan kaum musyrikin.

5. Pada bulan Ramadhan ini terjadi pembebasan kota Makkah Al-Mukarramah, dan Allah memenangkan Rasul-Nya, sehingga masuklah manusia ke dalam agama Allah dengan berbondong-bondong dan Rasulullah menghancurkan syirik dan paganisme (keberhalaan) yang terdapat di kota Makkah, dan Makkah pun menjadi negeri Islam.

6. Pada bulan Ramadhan juga pintu-pintu Surga dibuka, pintu-pintu Neraka ditutup dan para syaitan diikat.

Betapa banyak berkah dan kebaikan yang terdapat dalam bulan Ramadhan. Maka kita wajib memanfaatkan kesempatan ini untuk bertaubat kepada Allah dengan sebenar-benarnya dan beramal salih, semoga kita termasuk di dalam golongan orang-orang yang diterima amalnya dan beruntung.

No comments:

Post a Comment